Cara Membuat Video Pembelajaran Dengan Kinemaster Terbaru

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, segala sesuatunya terasa semakin mudah. Termasuk kamu yang ingin edit video tidak perlu repot lagi. Sekarang sudah ada aplikasi edit video yang bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone Anda. Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas cara menggunakan aplikasi kinemaster bagi pemula yang ingin belajar mengedit video.

Kinemaster merupakan aplikasi edit video yang memiliki banyak fitur dan dapat di unduh secara gratis. Aplikasi kinemaster ini juga sangat mudah digunakan lho. So, buat kamu yang masih pemula jangan khawatir lagi.

Cara menggunakan Kinemaster untuk pemula tentunya tidak sulit, dengan berbagai fasilitas dan fitur yang ada pada aplikasi ini benar-benar dapat memanjakan pengguna yang ingin menjadi seorang pembuat konten dengan budget dan skill yang minim namun menghsikan karya layaknya seorang profesional.

Kinemaster bisa unduh secara gratis langsung dari Goole Play yang bisa digunakan sebagai saran edit video di Facebook, Instagram, YouTube dan lain-lain. Meski ada versi profesional yang mengharuskan membayar sejumlah rupiah. Tetapi dengan aplikasi gratis ini, Anda juga dapat menggunakannya.

Nah, berikutnya kita akan mempelajari tips dan trik bagaimana cara menggunakan kinemaster pada smartphone android yang benar dan mudah bagi pemula agar dapat pemula agar dapat dipahami dan diterapkan untuk menjadi seorang seorang konten creator profesional.

Awalnya tentu kita haruslah mendownload Kinemaster di google play milik kamu masing-masing sebagai langkah awal dalam mempelajari aplikasi editing video yang sedang populer dimasyarakat saat ini.

Dibawah ini saya telah merangkum tutorial lengkap bagaimana menggunakan aplikasi dalam 7 bagian yang paling dibutuhkan untuk pemula yang ingin memakai Kinemaster dalam editing video.

Alat dan media pembelajaran bisa berbentuk apa saja. Salah satunya adalah video. Meskipun bukan ide baru, perkembangan teknologi membuat video belajar lebih baik dari sebelumnya. Selain itu penggunaannya sangat fleksibel dan siswa cukup mengulang materi.

Untuk membuat video pembelajaran, guru dan tenaga pendidik termasuk dosen dan trainer dapat memakai aplikasi Kinemaster. Sebelum smartphone merjalela, Anda membutuhkan skill dan perangkat tersendiri untuk bisa membuat video yang bagus dan efektif. Selain itu, hanya sebagian guru yang berkompetensi mampu membuat video karena skill tersebut membutuhkan waktu untuk dipelajari. Disisi lain guru masih sibuk dengan sistem pembelajaran konvensional.

Kehadiran aplikasi video editing berbasis smartphone menguntungkan banyak pihak. Sekolah dan pendidikan dapat memperluas cakupan materi dan konten pembelajaran. Siswa tidak lagi harus di kelas karena bisa mengakses dari mana saja. Ketika situasi tidak memungkinkan untuk masuk sekolah, mereka tidak akan ketinggalan materi.

tutorial membuat video dengan kinemaster

Langkah Pembuatan Video Pembelajaran di Kinemaster

Anda perlu menyadari bahwa video pembelajaran sebenarnya tidak beda jauh dengan video dan konten sejenis. Ini adalah file audio visual yang bertema pendidikan. Perbedaanya hanya pada materi dari video tersebut serta pesan atau pembelajaran apa yang ingin disampaikan.

1. Tujuan

Kesalahan banyak orang saat membuat video adalah tidak tahu tujuan dan konsep. Anda sudah install Kinemaster dan siap membuat video. Ketika baru membuka aplikasi tersebut, Ada justru terhenti di layar kosong. Hal ini terjadi karena tidak mengerti dan belum siap, apa saja yang di butuhkan. Hal pertama yang terpenting adalah tujuan dari pembuatan video.

2. Konsep Konten dan Video

Tujuan membutuhkan konsep dan ide. Anda dapat menggunakan platform video sharing dan sosial media untuk referensi. Berbagai jenis video tersedia dan pilih konsep yang layak untuk video pembelajaran.

Ide ini tidak harus fresh dan original. Anda bebas mencontoh dan mengadopsi apapun, yang terpenting ide sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Ada video interaktif dimana guru merekam diri sendiri sedang menjelaskan di papan tulis. Siswa seolah duduk mendengar dan melihat langsing. Konsep lain adalah video narasi mirip presentasi yang di buat versi video Anda menambahkan tanya jawab dan penjelasan.

3. Persiapan Konten Mentah

Langkah selanjutnya adalah persiapan bahan utama sesuai ide. Misalkan Anda ingin video mengajar langsung di kelas. Untuk mewujudkan konsep ini, Anda harus merekam diri sendiri dengan perangkat kamera. Kinemaster sudah memiliki fitur ini jika pengguna ingin mengambil secara live konten videonya.

Selain video, masih ada lagi bahan lain seperti teks, gambar, audio, stiker, efek, transisi, dan lainnya. Sutradara dan editor handal membayangkan bagaimana sebuah hasil akhir video. Mereka sudah mengetahui apa saja yang di butuhkan. Anda harus memiliki pemahaman tersebut. Kinemaster hanya untuk editing tetapi ide dan lainnya adalah kreatifitas dari penggunanya.

4. Penempatan Materi di Kinemaster

Anda membuka Kinemaster dan masuk di lembar kerja utama. Media atau file yang dibutuhkan segera diatur sedemikian rupa. Mereka disusun dalam mode layar. Anda pastikan video memiliki audio yang tepat. Saat membuat video pembelajaran, audio sebaiknya direkam terpisah lalu di gabungkan dengan aplikasi ini. Komposisi file ini menunjukkan bagaimana video nanti akan muncul. Lakukan preview pertama sebagai referensi.

5. Proses Editing

Langkah berikutnya adalah proses editing. Setiap file akan menerima tambahan misalnya perpanjangan timeline, transisi, dan efek. Anda melakukan editing per file atau secara bersamaan. Selain itu, cek kembali komposisi layer dan jangan terlalu acak. Pilih satu file misalnya audio atau teks. Lihat bagian atas kanan dimana menu editing per file muncul, Anda cukup mengaturnya dengan memilih dengan tepat.

6, Preview Akhir

Selama editing pengguna dapat melihat preview dengan memainkan preview. Jika da yang kurang cocok segera ubah dan cek kembali hingga menjadi preview akhir yang final. Kinemaster memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan hal ini.

7. Export dan Sebar Luas

Hal terakhir adalah export dan share. File yang sudah lengkap segera disimpan dalam bentuk file mentah apabila masih butuh tambahan lain. Jika konten dan file keseluruhan sudah final, Anda tinggal export serta tentukan reolusi dan bitrate. Smartphone segera melakukan rendering. File tersimpan diperangkat Anda.

Kinemaster Untuk Video Pendidikan

Video pendidikan menjadi tren karena konten digital sudah beralih ke flatform tersebut. Anda bahkan menemukan banyak sekali video tutorial. Ini adalah contoh konten pembelajaran. Tentu saja, konten seperti ini tidak harus untuk sekolah dan siswa. Setiap orang yang ingin membagikan pengetahuan dan skill berhak untuk membuat video sendiri. Untuk kebutuhan tersebut, mereka memakai kinemaster.

Selain dari aspek teknis, pengguna perlu memperhatikan spesifikasi minimum untuk Kinemaster. Editing video berbeda dari pekerjaan lain. Perangkat membutuhkan kapabilitas yang cukup tinggi. Akan tetapi, Kinemaster juga kompatibel dengan aspek umum. Selama bisa loading dan editing dengan lancar, Anda dapat memakai smartphone apapun. Satu lagi yaitu resolusi harus jernih terutama jika ingin export dengan level 1080p. 

Semoga bermanfaat. Salam Sangsot!

Post a Comment for "Cara Membuat Video Pembelajaran Dengan Kinemaster Terbaru"