Menjadi YouTuber Era Digital 4.0 Untuk Pemula

Pada postingan ini saya ingin berbagi menjadi YouTuber Era Digital 4.0 khususnya untuk pemula.

YouTube adalah social media terpopuler diera digital sekarang ini, sampai nyaris semua yang berbentuk teks atau tulisan artikel bahkan buku sekalipun telah dikonversikan menjadi content video.

Lebih menariknya lagi membuat content video hingga siap saji menjadi salah satu peluang menggiurkan bagi temen-temen yang ingin mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Apakah Menjadi YouTuber Bisa Mendapatkan Uang?

Jawabannya tentu saja tergantung dari tujuan temen-temen sendiri.

Jika tujuannya sebagai hobi dan temen-temen benar-benar fokus membuat content menarik tanpa plagiat, maka sudah pasti akan mendatangkan pundi-pundi rupiah dari YouTube. 

Bukan hanya pundi-pundi rupiah saja tapi bisa menjadi penghasilan utama temen-temen, apalagi dimasa pandemi saat ini.

Fakta YouTuber Bisa Mendapatkan Uang?

Bicara menghasilkan uang dari YouTube, metode paling umum yang digunakan untuk menghasilkan pundi rupiah dari YouTube adalah dengan memasang iklan adsense setelah lolos monetisasi.

Meskipun saya pribadi belum menyempatkan diri untuk fokus membuat konten menarik di YouTube, tapi saya berani mengatakan bahwa adsense untuk YouTube masih sangat berpeluang besar, meskipun sudah jutaan YouTuber berbondong-bondong membuat konten video.

Faktanya?

Tidak sedikit yang channel YouTube nya menghasilkan 5 juta per bulan, bahkan ada yang mencapai puluhan juta per bulan.

Tips Menjadi YouTuber Era Digital

Jadi YouTuber Masih Berpeluang Besar, Tapi...Ada Tapinya

Tapi apakah itu?

YouTuber tak semudah yang dibayangkan dulu, semakin susah dan penuh tantangan

Bener, sekarang menjadi YouTuber sudah tidak mudah, banyak tantangannya temen-temen

Berikut alasannya:

1. Harus Memenuhi Kelayakan Program Partner YouTube

Hal ini terjadi karena semakin maraknya YouTuber bermunculan sehingga diterbitkan kebijakan yang saya rasa butuh kerja keras, kerja cerdas untuk mendapatkan 1000 subscriber, 4000 jam tayang dan proses monetisasi. Klik disini untuk Membaca Tentang Kelayakan Program Partner YouTube

2. YouTuber Besar Semakin Mendominasi Dunia Maya

Seorang YouTuber pemula yang hanya seorang diri tentunya akan sulit sekali bersaing dengan konten video menarik lainnya yang mungkin memiliki kesamaan. Apalagi YouTuber besar dikelola oleh tim yang lebih memahami teknik dan didukung perangkat yang lebih mumpuni.

Harus kerja keras, kerja cerdas bagi YouTuber pemula untuk bisa bersaing dengan mereka, apalagi sama sekali tidak memahami teknik dasar SEO.

3. Persaingan Konten Video Semakin Ketat

Membuat video dapat dikerjakan dengan bermacam langkah, diantaranya memanfaatkan PowerPoint Presentation dari Micosoft Inc. Langkah ini jadi alternatif para creator video di YouTube atau Youtuber. Lantaran penggunaannya tidak terlalu rumit, lebih efektif dan tak memerlukan perangkat mahal namun hasil content-nya cukup memikat pengunjung.

Pada dasarnya bisa saja dikerjakan dengan menggunakan PowerPoint hanya saja sangat sulit untuk bersaing. 

Temen-temen yang memang berfokus untuk membuat konten video berkualitas tinggi dengan tujuan agar dapat bersaing dan menggunakan fitur lebih lengkap justru akan lebih baik. Namun, tak sedikit juga biaya yang harus dikeluarkan.

Tips Supaya YouTuber Tetap Mendapatkan Penghasilan Meskipun Semakin Penuh Tantangan

Berikut beberapa tips yang bisa saya sharing khususnya untuk temen-temen YouTuber yang baru memulai atau yang sudah lama menjadi YouTuber tapi belum menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Tips yang pertama yaitu harus fokus membuat konten video, jeli menangkap peluang serta dapat membaca trend agar konten video yang sajikan benar-benar menarik dan dibutuhkan oleh penonton. 

Jika temen-temen mempunyai mimpi untuk berhasil menjadi YouTuber, maka jangan berhayal untuk menjadi seorang blogger yang sudah jutaan pendapatan per bulan nya.

Tanaman sayur sebelah memang lebih hijau dan segar. Tetapi tanaman sayur sendiri akan hijau dan segar jika terus dipupuk dan disirami. Maka, Fokus saja temen-temen.

Tips yang kedua yaitu jangan hanya bermodalkan perangkat pendukung dan membuat konten video tetapi belajarlah teknik SEO meskipun hanya dasar-dasarnya saja. Belajarlah internet marketing bagaimana caranya mendatangkan penonton atau subscriber.

Intinya tidak cukup hanya dengan mengutamakan video saja dan berharap banyak subscriber yang nge-like, nge-share kemudian uang mengalir dengan sendirinya. Maka, cerdaslah!

Dan yang terakhir dari postingan ini adalah temen-temen harus siap pikiran, waktu bersama keluarga banyak terkuras dan paling penting adalah berproses. Karena tidak bisa instan terjadi begitu saja. 

Sepertinya hanya sampai disini postingan saya kali ini.

Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk temen-temen semuanya.

2 comments for "Menjadi YouTuber Era Digital 4.0 Untuk Pemula"

  1. Saya sudah main yutub sejak 2014-an, isinya info2 yg sedang viral, lumyan trafiknya... 🙌

    ReplyDelete
  2. Sukses selalu mas

    Sangat bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk pemula

    ReplyDelete